Manfaat Madu untuk Mengatasi Masalah Keputihan

Posted on

Manfaat Madu untuk Mengatasi Masalah Keputihan

Manfaat Madu untuk Mengatasi Masalah Keputihan,- Hampir semua wanita tentunya pernah mengalami yang namanya keputihan. Ketika sedang mengalami keputihan, seorang wanita akan mengeluarkan lendir dari dalam vaginanya. Lendir tersebut diproduksi oleh leher rahim atau serviks dan kelenjar yang ada di dalam vagina dengan membawa sel-sel mati dan juga bakteri. Dan keputihan sebenarnya merupakan kondisi yang normal terjadi, guna melindungi dan membersihkan vagina dari bakteri.

Keputihan di bedakan menjadi 2 jenis. Yaitu keputihan normal dan keputihan yang tidak normal. Lendir yang bewarna bening sampai keputih-putihan, tidak menimbulkan bau dan tidak gatal atau pedih di vagina menandakan kalau keputihan yang dialami normal. Sedangkan keputihan yang tidak normal ditandai dengan jumlah lendir yang keluar berlebihan, lendir berbau, adanya perubahan kekentalan lendir dan terasa gatal-gatal pada vagina disertai dengan nyeri pada perut.

Keputihan yang tidak normal bisa di atasi secara alami maupun dengan melakukan pengobatan medis. Untuk cara alami, anda bisa memanfaatkan madu murni sebagai bahan alami untuk mengatasi keputihan. Mengenai informasi tentang manfaat madu dalam mengatasi keputihan, berikut kami bagikan ulasan selengkapnya.

Artikel Lain : Manfaat Madu Untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

Manfaat Madu Untuk Mengatasi Masalah Keputihan

1.  Mengurangi keputihan yang disebabkan oleh jamur dan bakteri

Madu memiliki kandungan zat antibakteri yang dapat membantu mencegah dan mengurangi keputihan yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Konsumsilah madu setiap hari untuk mencegah keputihan. Biasanya, jamur dan bakteri menyukai tempat yang lembab. Oleh sebab itu, hindarilah memakai celana dalam yang lembab. Ganti celanan dalam anda sehari 2x

2. Mencegah kanker akibat keputihan

Kandungan flavonoid pada madu berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung, termasuk jenis kanker serviks. Kanker serviks bisa dipicu oleh keputihan yang berlebihan. Jadi, mulai sekarang, biasakan untuk mengkonsumsi madu untuk mencegah keputihan dan kanker serviks sejak dini.

3. Merangsang kerja hormon

Hormon merupakan penyebab keputihan. Bagi perempuan yang hormonnya tidak stabil atau kekurangan hormon, konsumsilah madu untuk merangsang kerja hormon dan menstabilkan hormon tubuh anda.

4. Menjaga reproduksi daerah kewanitaan tanpa efek samping

Sifat antibakteri yang terkandung dalam madu sudah terbukti dapat mencegah keputihan, menjaga kesehatan kulit dan reproduksi daerah kewanitaan. Penggunaan madu untuk mengatasi keputihan tidak mempunyai efek samping yang berbahaya karena madu bersifat alami.

Jenis-Jenis Keputihan Tidak Normal yang Wajib Anda Tahu

1. Keputihan yang lendirnya cair dan terasa gatal

Umumnya, keputihan yang lendirnya cair atau bewarna putih termasuk normal. Namun, apabila disertai dengan rasa gatal dan perih yang parah di are sekitar vagina. Keputihan jenis ini bisa diobati dengan obat-oban yang dijul di apotik.

2. Keputihan yang disertai oleh nyeri dan pendarahan

Rasa nyeri yang dirasakan ketika buang air kecil dan mengalami pendarahan tetapi darah tersebut di luar kondisi menstruasi dan apabila setelah mengalami hubungan seks mengalami keputihan, gejala tersebut dapat mengindikasi penyakit klamida atau gonore. Jika kondisi keputihan seperti ini dibiarkan saja, dapat menyebabkan infeksi yang parah di organ intim perempuan.

3. Keputihan bewarna coklat

Apabila keputihan anda bewarna coklat dan disertai dengan keluarnya darah, biasanya keputihan jenis ini dialami oleh perempuan yang jarang mendapatkan menstruasi atau siklus menstruasinya tidak teratur. Keputihan jenis ini harus tetap diwaspadai karena dapat memicu penyakit kanker serviks.

4. Keputihan bewarna kuning, hijau dan berbuih

Keputihan jenis ini disebabkan oleh parasit yang bisa menyebabkan penyakit seksual menular. Keputihan jenis ini yang jumlah lendirnya cukup banyak, tercium bau amis, serta disertai oleh rasa pedih dan nyeri ketikabuang air kecil, dapat membuat vagina mengalami pembengkakan dan rasa gatal-gatal disekitar vagina.

Penyebab Terjadinya Keputihan yang Tidak Normal

1. Celana dalam yang lembab

Celana dalam yang lembab dan basah dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga menyebabkan keputihan dan gatal-gatal di vagina.

2. Menggunakan celana yang terlalu ketat

Celana yang ketat memang tidak baik untuk dipakai. Sering memakai celana yang ketat dapat menyebabkan keputihan.

3. Pemakaian sabun khusus untuk daerah kewanitaan

Penggunaan sabun khusus untuk daerah kewanitaan yang salah atau tidak cocok dapat menyebabkan keputihan. Organ intim wanita sangat sensitif. Sebenarnya penggunaan sabun khusus daerah kewanitaan tidak dianjurkan. Lebih baik menggunakan air rebusan daun sirih.

4. Stess

Semua kinerja organ tubuh manusia dikendalikan oleh otak. Apabila reseptor otak mengalami stress yang berat, kondisi ini dapat menyebabkan keseimbangan hormon terganggu. Hormon di dalam tubuh adalah faktor utama penyebab keputihan. Dan setiap hormon yang dimiliki oleh seseorang berbeda-beda, ada yang hormonnya stabil dan ada juga yang tidak.

Nah, itulah di atas ulasan mengenai manfaat madu untuk mengatasi masalah keputihan. Sebaiknya, lakukan pengobatan dengan madu ini secara rutin sampai keluhan keputihan anda sembuh.