Manfaat Madu Untuk Mengatasi DBD

Posted on

 

Manfaat Madu Untuk Mengatasi DBD

Manfaat Madu Untuk Mengatasi DBD,– DBD atau Bemam Berdarah Dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue, dan di bawa oleh nyamuk Aedes aegypti, yang biasanya menyerang sel darah merah. Penyakit ini cukup berbahaya, dan tak jarang bisa berakibat fatal, hingga menyebabkan korban jiwa. Nah, untuk itu anda harus selalu waspada, dan sebaiknya anda baca ulasan di bawah ini, untuk membuka wawasan anda mengenai penyakit DBD dan pemanfaatan madu sebagai salah satu solusi mengatasinya.

Ciri-Ciri DBD

  1. Mengalami demam tinggi secara terus menerus selama dua hingga tujuh hari. Demam dapat naik maupun turun.
  2. Muncul bintik merah di sekujur tubuh akibat kebocoran selaput darah.
  3. Terjadi pendarahan di bagian mulut hidung, dan feses saat buang air besar.
  4. Perut mengalami sakit hingga menyebabkan muntah.
  5. Ujung kaki dan tangan terasa dingin.
  6. Nyeri pada ulu hati terkadang terjadi pendarahan lambung.
  7. Trombosit menurun.
  8. Terasa sakit pada bagian otot.
  9. Selara makan hilang.

Manfaat Madu Untuk Mengatasi DBD

Tahukah anda, jika ternyata dengan rutin mengkonsumsi madu dalam porsi yang tepat, dapat mengatasi penyakit DBD? Nah, buat anda yang belum tahu sebaiknya simak ulasan lengkapnya berikut ini

Artikel lainnya : Manfaat Madu Untuk Daya Tahan Tubuh

1. Mencegah Terserang Virus DBD

Seperti dikatakan sebelumya bahwa DBD menyerang sistem kekebalan tubuh melalui darah sehingga tubuh menjadi lemah. Untuk mencegah agar virus dengue tersebut tidak menyerang anda, sebaiknya memperutin mengkonsumsi madu. Khasiat alami yang dihasilkan madu mampu melawan virus jahat yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi madu alhasil daya tahan tubuh akan tetap terjaga dan selalu bugar. Sebenarnya seseorang yang daya tahan tubuhnya lemah akan mudah sekali terjangkit penyakit dari pada seseorang yang memiliki daya tahan tubuh sehat. Oleh karenanya mengkonsumsi madu dapat anda coba untuk mencegah penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) ini. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi bermacam-macam obat karena efek negatifnya akan timbul di kemudian hari.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Mengkonsumsi madu murni akan meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Pasalnya, zat-zat yang dikandung oleh madu akan mengaktifkan kelenjar thymus yang berperan sebagai sistem imun di dalam tubuh. Dengan demikian, pasien yang terserang DBD akan segera cepat sembuh karena terbantu oleh madu untuk memperkuat sistem imunnya melawan virus dengue ini. Untuk mencegah terserang DBD, anda juga perlu mengkonsumsi madu untuk menjaga kestabilan sistem imun guna menangkal virus yang akan masuk ke tubuh anda. Konsumsi madu sebanyak dua sendok makan sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan malam hari untuk menangkal penyakit yang akan menyerang tubuh. Untuk penderita DBD konsumsi 3 kali sehari pada pagi, sore, dan malam hari guna proses penyembuhan.

3. Sebagai Antibiotik Alami

Kandungan vitamin, mineral, dan zat alami lain yang di miliki madu dapat menjaga tubuh anda dari serangan virus, bakteri, jamur, ataupun kuman. Madu menjadi antibodi tubuh ketika virus, bakteri, dan lainnya ingin menyerang tubuh terutama virus dengue. Mengkonsumsi madu setiap hari akan meningkatkan antibodi anda. Untuk penderita DBD, mengkonsumsi madu akan mempercepat penyembuhan karena antibodi di perbarui dengan baik.

Madu juga dapat dicampurkan dengan bahan lain untuk mempercepat proses penyembuhan pasien DBD. Beberapa bahan yang dapat dicoba yaitu:

1. Jus Jambu Merah dengan Madu

Jambu merah terkenal khasiatnya dalam meningkatkan jumlah trombosit di dalam tubuh. Dengan mencampurkan kedua bahan ini, penderita DBD akan segera pulih. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam daging buah jambu juga mampu sebagai pengisi sumber vitamin penderita DBD. Tingginya kandungan vitamin C akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh akan memiliki kekuatan untuk segera pulih dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Cara membuatnya sangat mudah, pilih jambu yang segar dan matang serta memiliki kulit berwarna hijau kekuningan. Jus jambu merah dengan memberi air secukupnya. Tambahkan madu sebelum di konsumsi. Sebaiknya setelah membuat jus jambu dengan madu segera minum hingga habis.

2. Ramuan 1 dengan Madu

Siapkan beberapa bahan seperti:

  • 15 gram tapak dara
  • 15 gram pegagan
  • 5 butir oco
  • Madu

Cara mengolah:

  1. Cuci bersih semua bahan tersebut dengan bersih
  2. Rebus bahan yang telah dibersihkan dengan 600cc air hingga tersisa setengahnya
  3. Pisahkan ampas dan air
  4. Campurkan madu sebagai pemanis
  5. Minumlah dua kali sehari (usahakan jangan sampai meminum ampas)

3. Ramuan 2 dengan Madu

Siapkan beberapa bahan seperti:

  • 10 gram sambiloto
  • 30 gram temulawak
  • 25 gram daun jambu biji
  • Madu

Cara mengolah:

  1. Cuci bersih semua bahan yang telah di siapkan dengan bersih
  2. Rebus bahan yang telah dibersihkan dengan 600cc air hingga tersisa setengahnya
  3. Campurkan madu sebagai pemanis
  4. Minumlah dua kali sehari (usahakan jangan sampai meminum ampas)

Itulah beberapa manfaat madu yang perlu anda ketahui untuk mengobati DBD. Jagalah kebersihan lingkungan anda agar virus dengue tidak akan bersinggah di tubuh anda. Semoga bermanfaat.