Manfaat Madu Untuk Mengatasi Alergi

Posted on

Manfaat Madu Untuk Mengatasi Alergi

Manfaat Madu Untuk Mengatasi Alergi, -Setiap orang pasti menginginkan untuk melakukan segala sesuatu yang mereka senangi dengan bebas. Seperti makan makanan favorit, pergi ke tempat menarik, berinteraksi dengan orang-orang dalam suasana yang menyenangkan dan sebagainya. Namun sayangnya, tidak semua orang seberuntung itu. Karena faktanya, tak sedikit orang yang mempunyai alergi tertentu saat melakukan sesuatu, atau mengkonsumsi makanan-makanan tertentu.

Iya, alergi terkadang memang sangat menjengkelkan, dan tentunya menyusahkan bagi penderitannya. Tapi Anda tidak perlu putus asa, karena ternyata alergi bisa di atasi dengan madu. Tetapi, sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai manfaat madu untuk mengatasi alergi, alangkah baiknya jika baca informasi seputar alergi terlebih dahulu.

Apa itu alergi?

Alergi sebenarnya adalah reaksi abnormal yang terjadi di dalam tubuh kita. Reaksi ini sebenarnya muncul sebagai respon terhadap substansi atau zat yang tidak berbahaya. Faktor pemicu reaksi alergi dapat berbeda-bagi bagi setiap penderita. Contoh-contoh substansi atau zat yang merupakan faktor pemicu dari luar tubuh, antara lain seperti cuaca, obat-obatan dan pencemaran udara. Sementara untuk faktor pemicu dari dalam tubuh bisa berupa emosi dan juga stress.

Artikel lainnya : Manfaat Masker Madu Untuk Kecantikkan Kulit dan Wajah

Ada tiga jenis alergi yang paling sering dialami saat ini. Pertama adalah rhinitis alergika yang memiliki gejala bersin-bersin di pagi hari. Kedua adalah alergi pada kulit yang juga disebut dengan istilah dermatitis alergika. Alergi ini biasanya disebabkan oleh makanan atau pemakaian kosmetik. Yang terakhir sekaligus yang menjadi jenis alergi paling umum adalah asma. Alergi ini menyebabkan gangguan pernafasan pada pengidapnya. Di Indonesia saja, kira-kira ada 15 juta orang yang mengidap asma.

Penyebab dan gejala alergi

Faktor penyebab alergi disebut juga dengan alergen. Banyak sekali faktor yang menyebabkan alergi seperti makanan, gigitan serangga, obat-obatan, bulu hewan peliharaan, dan alergen lainnya. Ketika reaksi alergi berlangsung, perubahan biokimia utama dalam tubuh adalah pelepasan histamin dalam aliran darah. Kondisi ini mempengaruhi mata, kulit, hidung, tenggorokan, dan saluran gastrointestinal (GI).

Gejala yang biasa terjadi pada orang yang sedang alergi adalah gatal-gatal, bersin, ruam, hidung meler, mengi dan gatal pada mata. Meski terdengar remeh, namun alergi tidak boleh dibiarkan dan harus segera diobati karena memicu kondisi serius yang disebut anafilaksis. Orang yang mengalami anafilaksis akan mengalami pusing, kesulitan menelan, sesak napas, dan peradangan pada bibir, tenggorokan, lidah dan saluran pencernaan. Paling parah, anafilaksis bisa meembuat pengidap hilang kesadaran

Manfaat Madu Untuk Mengatasi Alergi

Bukan rahasia lagi bahwa madu memiliki banyak sekali manfaat. Sebagai bahan alami yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh secara keseleruhan, madu juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang parah sekalipun. Selain itu, madu juga bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda. Dengan madu, Anda dapat terhindar dari berbagai macam hal yang menjadi masalah pada kulit termasuk alergi, eksim, serta gatal – gatal yang mengindikasi penyakit lainnya.

Alergi atau eksim pada kulit dapat diatasi dengan mengaplikasikan madu dengan cara mengoleskan madu pada permukaan kulit yang terkena alergi atau eksim. Lalu biarkan dahulu selama beberapa menit. Setelah terasa lebih baik, bilas bagian kulit yang diolesi madu dengan air hangat hingga bersih. Di dalam madu terdapat anti bakterial yang yang mampu mencegah dan mengatasi kulit yang terkena infeksi akibat luka yang disebabkan oleh garukan pada kulit yang sedang terkena alergi atau eksim tersebut.

Cara lain selain mengoleskan madu pada permukaan kulit yang terinfeksi, Anda juga dapat mengkonsumsi madu untuk pengobatan internal atau dari dalam tubuh. Cara ini juga perlu didukung oleh pola hidup sehat lain yang mampu mengatasi penyakit alergi tersebut. Contohnya seperti mengkonsumsi air putih dengan cukup setidaknya 8 hingga 10 gelas air dalam satu hari. Konsumsi air yang cukup akan membantu Anda untuk mengeluarkan zat racun yang terkandung di dalam tubuh Anda.

Anda juga perlu menghindari stress karena kondisi stress dapat mempengaruhi kondisi keseharan tubuh dan melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Oleh karena itu Anda harus mampu menjaga emosi dan perlu beristirahat yang cukup. Selain itu, tidur dengan teratur, sering melakukan olahraga dan asupan nutrisi yang cukup juga akan membantu Anda dalam mengatasi penyakit gatal – gatal yang disebabkan oleh alergi.

Terdapat cara yang paling ampuh jika Anda ingin menggunakan madu untuk mengatasi gangguan alergi. Anda cukup menyediakan madu beserta air rebusan kacang hujau. Penggunaannya pun sangatlah mudah. Setiap kali alergi Anda kambuh segeralah minum 1 sampai 2 sendok makan madu. Lalu untuk menangkal agar alergi tidak sering datang, Anda cukup campurkan madu dengan segelas air rebusan kacang hijau, lalu meminumnya pada waktu ingin sarapan, dan pada malam hari ketika menjelang tidur.

Madu memang karunia Tuhan yang memiliki berjuta manfaat. Selain menerapkan cara di atas untuk mengatasi alergi Anda, madu juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan diri Anda maupun keluarga. Dengan selalu mengkonsumsi madu, Anda bukan hanya akan terbebas dari gangguan alergi, tapi juga dari berbagai macam penyakit lainnya.