Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik

Posted on

Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik

Manfaatmadulebah.com, Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik- Madu, bahan alami multi khasiat yang bernilai jual tinggi. Bahkan saat ini, untuk madu hutan yang benar-benar murni, sampai ratusan ribu rupiah per liternya. Hal ini tidak heran, selain karena manfaatnya yang luar biasa, keberadaan madu murni sangat terbatas sekali.
Nah ngomong-ngomong soal madu, tahukah anda jenis lebah penghasil madu terbaik saat ini, yang bisa menghasilkan madu dengan kwalitas super? Bila anda belum tahu dan penasaran ingin tahu, berikut ini kami bagikan informasinya. Silahkan disimak.

Daftar Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik

1. Lebah Apis Andreniformis ( Black Dwarf Honey Bee )

Apis Andreniformis, Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik

Jenis lebah madu ini merupakan serangga asli asia tropis dan subtropis. Jenis lebah ini terdapat di China bagian tenggara, India, Burma, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, dan Filipina. Di Indonesia sendiri anda dapat menemukan jenis lebah ini di Pulau Jawa dan Kalimantan. Lebah Apis andreniformis merupakan lebah madu yang berwarna hitam dan kerdil.

Artikel Lain : Ciri Ciri Madu Asli Tanpa Campuran

2. Apis Cerana (Asiatic Honey Bee)

Apis Cerana, Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik

Jenis lebah yang satu ini tersebar di Asia tenggara dan selatan. Anda dapat menemuinya di Negara China, Pakistan, India, Korea, Jepang, Malaysia, Nepal, Bangladesh, Papua Nugini, Kepulauan Solomo dan Indonesia. Di Indonesia sendiri jenis lebah ini dapat anda jumpai di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan< bali, Sulawesi, Lombok.

Lebah Apis cerana memiliki postur tubuh yang sangat kecil dengan ukuran sebagai berikut:

  • Lebah Pekerja mempunyai ukuran tubuh sekitar 1,1 cm
  • Lebah Pejantan mempunyai ukuran tubuh sekitar 1,3 cm
  • Lebah Ratu mempunyai ukuran tubuh sekitar 1,5 cm

Apis cerana memiliki sifat mudah berpindah tempat apabila merasa sarangnya terusik. Akan tetapi jenis lebah ini lebih tahan terhadap hama dan predator. Jenis lebah ini juga dapat beradaptasi di iklim tropis. Apis cerana memiliki 3 jenis yaitu :

  • Apis cerana indica, jenis lebah ini tersebar di India selatan, Indonesia, Filipina, Malaysia, Srilanka, Bangladesh,Myanmar, dan Thailand. Jenis ini di Indonesia dikenal dengan nama tawon madu dan mempunyai kemampuan adaptasi yang baik dan tahan dalam cuaca apapun.
  • Apis cerana japonica, jenis lebah ini terdapat di Jepang
  • Apis cerana Himalaya, jenis lebah ini tersebar di pegunungan Himalaya dan Nepal

3. Lebah Apis dorsata ( lebah madu raksasa )

Apis dorsata,Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik

Jenis lebah ini merupakan lebah asli yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Lebah ini juga terdapat di Indonesia dan sangat cocok untuk dibudidayakan di Indonesia. Lebah madu raksasa ini membutuhkan halaman bunga atau tanaman yang menghasilkan nektar. Jenis lebah ini tersebar luas mulai dari Indonesia, Malaysia, Filipina, India, dan Nepal.

 

4. Lebah Apis koschevnikovi ( Lebah madu merah )

apis koschevnikovi, Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik

Jenis lebah madu yang satu ini sangat unik, hal ini dikarenakan ciri khas pada warna tubuhnya yang berwarna merah mencolok. Anda dapat menemukan jenis lebah ini tersebar di Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia sendiri anda dapat menemukan jenis lebah ini di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Namun seiring waktu, lebah ini menjadi jenis lebah yang langka karena populasi nya yang menurun saat ini.

5. Lebah Apis Nigrocincta

Apis nigrocincta,Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik

Jenis lebah Apis nigrocincta hanya terdapat di Negara Filipina dan Indonesia khusunya di kepulauan Sangihe dan Sulawesi). Jenis lebah madu ini hidup berkelompok dan jarang sekali berpindah tempat atau daerah. Dalam satu indukan lebah madu ini, lebah ratu akan menghasilkan telur lebih dari 2000 butir setiap hari.

 

 

 

6. Apis Mellifera ( Western Honey Bee ) atau Lebah Madu Barat

Apis_mellifera_Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik

Dari sekian jenis lebah madu, jenis lebah madu ini adalah yang paling banyak tersebar di beberapa Negara. Lebah madu ini berasal dari Asia, Afrika, dan Eropa dan dibudidayakan hampir di seluruh bagian di dunia. Hal ini dikarenakan jenis lebah ini mempunyai daya tahan hidup dan daya adaptasi nya yang sangat baik. Di Indonesia sendiri, budidaya lebah madu barat ini dapat anda temukan di daerah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Lebah apis mellifera ini tidak terlalu agresif dan tidak suka berpindah tempat (migrasi). Bagi para pembudidaya untuk memandu koloni lebah ini biasanya lebah madu ini akan melakukan tarian kibasan yang bertujuan untuk menunjukkan arah terbang lebah pekerja nya untuk mecari nektar. Lebah ini juga memiliki sifat yang cenderung sabar dan selalu menjaga sarang agar tetap bersih. Ciri fisik yang dapat kita lihat adalah warna tubuhnya yang berwarna cokelat gelap sampai kuning kehitaman.

Untuk postur tubuh lebah melliffera ini memiliki tubuh yang sedikit lebih besar dibandingkan jenis cerana, yaitu:

  • Lebah pekerja yang memiliki ukuran tubuh 1,35 cm
  • Lebah jantan yang memiliki ukuran tubuh 1,65 cm
  • Lebah ratu yang memiliki ukuran 1,9 cm.

Baca Juga : Cara Menguji Keaslian Madu

Sekarang sudah tahu bukan jenis lebah penghasil madu terbaik? Ternyata, hampir semua jenis lebah madu ini berada di Indonesia. Semoga informasi di atas bermanfaat