Ciri-Ciri Madu Asli Tanpa Campuran

Posted on

Ciri-Ciri Madu Asli Tanpa Campuran

Manfaatmadulebah.Com, Ciri-Ciri Madu Asli Tanpa Campuran- Siapa yang tak mengenal madu. Berjuta khasiatnya dalam di bidang kesehatan sudah tak perlu di ragukan lagi. Oleh karenanya tak heran jika keberadaan madu, khususnya madu asli sangat di cari, bahkan harganya pun tergolong tinggi.

Akan tetapi sayangnya, yang beredar di pasaran justru banyak yang madu tidak asli, yang kadar madunya tidak 100% melainkan sudah di campur dengan cairan lain atau bahan-bahan lain, yang tentunya hal tersebut bisa mengurangi kadar khasiatnya. Jadi idealnya sebelum membeli, anda harus bisa membedakan ciri-ciri madu asli tanpa campuran, dengan madu palsu yang telah di campur bahan-bahan lain. Lalu, bagaimana kita bisa mengenalinya?

Biasanya, pemalsuan madu dapat di bedakan dalam beberapa kategori, nah untuk lebih jelasnya silahkan disimak ulasan di bawah ini:

Artikel Lain : Cara Menguji Keaslian Madu

  1. Pemalsuan madu dari segi jumlah, hal ini dilakukan dengan menambahkan volume madu palsu ke madu asli seperti mencampurkan gula/ madu buatan yang lebih murah. Contoh kasusnya seperti ini, 20% madu asli kemudian dicampurkan dengan 80% pemanis sintesis sehingga campuran ini disebut dengan madu palsu.
  2. Pemalsuan dari segi mutu, biasanya jenis pemalsuan ini mengubah kadar madu yang tadinya tinggi lalu diturunkan menjadi kualitas rendah dengan pemanasan. Kadar air akan berpengaruh dalam penentuan mutu madu. Semakin rendah kadar air maka semakin tinggi mutu madu tersebut. Biasanya pemalsu madu memiliki madu yang berkadar air tinggi sekitar 20-30 % dan untuk mengelabui kadar air tersebut mereka memanaskan madu dengan menggunakan suhu yang tinggi. Akan tetapi pemanasan seperti itu dapat merusak enzim dan kandungan vitamin lainnya dalam madu. Sehingga bukannya anda sehat malah justru dapat terancam dari bahaya resiko racun yang diakibatkan dari pemanasan tersebut.
  3. Pemalsuan madu menyeluruh, hal ini dengan mengklaim madu tersebut asli padahal sebenarnya 100 % buatan manusia. Sehingga dipastikan akan banyak mengandunga bahan dan komposisi kimia didalamnya

Berikut Adalah Ciri-Ciri Madu Asli Tanpa Campuran

1. Madu asli terapung dalam air

Anda dapat membuktikan madu ini asli atau campuran dengan cara memasukkan madu ke dalam air. Teteskan madu tersebut ke dalam air, bila tetesan madu kemudian berada di dasar air maka dapat dipastikan madu tersebut palsu/ campuran. Madu yang asli akan terapung dalam air. Selain itu tetesan madu asli tidak akan terputus-putus dikarenakan kekentalan madu yang sangat tinggi.

2. Korek api tetap menyala saat di lumuri madu asli

Anda dapat mengujinya keaslian madu dengan menggunakan korek api. Anda dapat gunakan korek api yang jenis gesek (pentul). Lumuri ujung korek api dengan madu dan gesekkan korek api tersebut untuk menyalakannya. Bila korek api masih dapat menyala meskipun dalam kondisi tersebut, hal ini menunjukkan bahwa madu anda asli dan bukan campuran.

3. Madu asli tidak beku dalam kulkas

Anda dapat mengenali madu anda asli atau tidak dengan memasukkannya ke dalam lemari es. Setelah beberapa saat didiamkan di lemari es kemudian lihat perubahan yang terjadi di dalam madu anda. Bila madu tersebut asli maka madu tidak akan membeku ketika diletakkan dalam lemari es. Madu yang palsu atau campuran akan membeku ketika anda meletakkannya di dalam lemari es.

4. Kertas menjadi tidak mudah robek saat di tetesi madu asli

Anda dapat mengenali madu anda asli atau tidak dengan cara meneteskan madu pada kertas. Apabila kertas yang diteteskan dengan madu menjadi mudah robek maka dapat dipastikan madu tersebut palsu atau campuran. Bila madu yang asli diteteskan pada kertas maka kertas tersebut tidak dapat mudah robek. Cara ini cukup praktis dan bisa anda lakukan ketika membeli madu langsung di pasar.

5. Madu asli mengeluarkan busa saat di panaskan

Anda dapat mengetes madu anda asli atau tidak dengan menggunakan cara ini. Pertama kali tuangkan madu pada sendok makan. Kemudian panaskan sendok makan yang berisi madu tersebut diatas lilin atau api. Apabila madu yang dipanaskan kemudian mengeluarkan busa yang cukup banyak dan seakan mau tumpah maka dapat dipastikan madu tersebut 100% asli.

6. Madu asli tidak mengering saat di jemur

Baca Juga : Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Campuran

Anda dapat menjemur madu untuk mengetes madu tersebut asli atau tidak. Madu yang asli tidak akan mengering bila dijemur. Apabila madu yang anda jemur mengering dan menimbulkan sisa kerak, dapat dipastikan bila madu anda terkandung bahan campuran lainnya.

7. Madu asli tidak di sukai semut

Anda dapat memperhatikan keadaan sekitar madu. Madu yang asli tidak disukai oleh semut. Anda dapat meneteskan beberapa madu di temapt terbuka dan tunggu beberapa menit. Jika banyak semut yang mengerubungi, dapat dipastikan jika madu tersebut tidak asli atau campuran.

8. Madu asli tidak meninggalkan noda saat di teteskan pada kain

Bila anda meneteskan madu asli pada kain ataupun baju anda, maka kain yang terkena madu tersebut tidak tidak terdapat noda. Lain hal nya dengan madu palsu yang akan terdapat noda setelah diteteskan.

Nah itu tadi beberapa ciri-ciri madu asli tanpa campuran yang sebaiknya anda ketahui, dan bisa anda jadikan patokan dalam membeli madu di pasaran. Semoga bermanfaat.