Cara Menguji Keaslian Madu

Posted on

Cara Menguji Keaslian Madu

Manfaatmadulebah.Com, Cara Menguji Keaslian Madu – Madu asli dihasilkan oleh lebah dengan mengubah serta mengikat sari bunga dengan senyawa-senyawa tertentu yang dimiliki lebah itu sendiri. Kualitas dari madu asli ditentukan oleh beberapa faktor penunjang pada saat melakukan budidaya, antara lain kualitas tanah tempat sumber nektar tumbuh, letak geografis, cuaca, sumber nektar, derajat pemasakan serta cara ekstraksi.

Dalam melakukan analisis terhadap madu, para ilmuwan menggunakan alat yang dinamakan spektrometer massa. Alat tersebut digunakan untuk melakukan pemisahan molekul-molekut didalam madu dan mendeteksi berbagai jenis isotop molekul karbon yang memiliki kaitan dengan berbagai jenis gula. Dengan proses tersebut, dengan mudah para ilmuan dapat menguji keaslian madu.

Lantas untuk masyarakat yang awam, bagaimanakah cara menguji keaslian madu yang benar dan dan akurat? Nah berikut lengkap informasinya

Artikel Lain : Manfaat Masker Madu dan Kayu Manis Untuk Jerawat

Cara Menguji Keaslian Madu Secara Akurat

1. Menguji Dengan Rasa

Madu asli memiliki tingkat keasaman (ph) sekitar 3,4 hingga 6,1. Maka dari itu madu asli akan cenderung memiliki sedikit rasa asam dan rasa manis. Jika madu tersebut palsu maka intensitas rasa yang ditemukan pada lidah pada saat mencicip madu akan cenderung manis saja.

2. Menguji Tingkat Kadar Air Pada Madu

Untuk menguji hal ini dapat dilakukan dengan cara meteskan madu pada selembar kertas. Madu yang masuk kategori palsu akan mudah diserap oleh kertas. Sedangkan yang asli sebaliknya. Hal tersebut dikarenakan tingkat kadar air pada madu asli ,lebih rendah jika dibandingakan madu palsu.

3. Perhatikan Harga Jual Madu

Madu yang benar-benar asli memiliki harga yang relatif mahal dan tidak dijual disembarang tempat. Sedangkan madu palsu kebalikannya. Harga lebih terjangkau dan dijual banyak tempat serta mudah ditemukan.

4. Menguji Tingkat Kekentalan Madu.

Dalam menguji kekentalan madu asli dapat menggunakan cara-cara berikut ini:

  • Mencampur madu dengan segelas air putih, jika madu tersebut asli maka madu akan tetap mengental, sedangkan yang palsu air akan berubah warna dan keruh.
  • Siapkan piring, lalu olesi bagian atas piring menggunakan madu. Siram dengan air hingga semua bagian olesan madu terendam. Coba perhatikan, apabila madu didalam ait tersebut membentuk heksagonal seperti sarang lebah, maka madu tersebut sudah pasti asli. Apabila air hanya berubah keruh maka bias dipastikan madu tersebut palsu.
  • Mencampurkan satu sendok madu dengan kuning telur. Apabila madu tersebut asli maka akan terjadi proses penggumpalan (koagulat) yang diakibatkan oleh kekentalan dari madu.
  • Oleskan madu pada tangan. Apabial pada tangan terasa lengket dan kental maka kemungkinan besar madu tersebut asli. Jika palsu tentunya madu tersebut akan menjadi cairan pada saat digosokkan ke tangan.

5. Alternatif  Lain Untuk Menguji Keaslian Madu

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menguji keaslian madu, antara lain:

  • Menyalakan api di dalam madu.
    Jika madu tersebut benar-benar asli maka api akan tetap menyala sedangkan untuk produk madu yang asli tidak dapat menyala. Hal tersebut diakibat oleh banyaknya zat yang sudah terlarut dan tercampur di dalam madu palsu.
  • Memasukkan madu ke dalam freezer.
    Untuk madu yang palsu atau campuran apabila ditaruh didalam freezer, maka pasti madu tersebut akan beku lalu mengkristal. Dan jika madu tersebut asli maka madu tidak akan membeku ataupun mengkristal.
  • Menyimpan madu didalam keadaan terbuka.
    Untuk memastikan keaslian dari madu, letakkan madu ditempat terbuka. Lalu amati, apabila madu asli rata-rata tidak disukai semut, sedangkan madu campuran tentunya akan lebih banyak dikerumuni semut karena zat gula yang terdapat pada madu sudah mengalami proses penambahan.Komposisi dari madu asli terdiri dari fruktosa dan glukosa, sedangkan untuk madu palsu hanya terdapat 85% hingga 90% sukrosa yang diperoleh dari tambahan gula pasir, gula aren dan gula kelapa didalam kandungan madu tersebut.
  • Melakukakan proses pemanasan madu
    Memanaskan madu dapat digunakan untuk mengetahui keaslian dari madu tersebut. Adapun caranya sebagai berikut:
    – Siapkan madu yang akan diuji, taruh didalam sendok makan.
    – Nyalakan kompor dengan api kecil, lalu panaskan sedok yang berisi madu diatas kompor.

Baca Juga : Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Campuran

Setelah melakukan cara diatas, coba lihat keadaan dari madu tersebut. Untuk madu asli, apabila dipanaskan akan mengeluarkan molekul busa dan madu akan tumpah keluar sendok karena pemuaian zat pada madu, sedangkan madu yang sudah terkontaminasi campuran bahan sukrosa, madu tidak akan keluar dan tidak mengeluarkan busa.

Nah, itulah di atas, beberapa cara menguji keaslian madu yang akurat dan mudah di lakukan. Setiap madu yang dihasilkan petani madu tentunnya akan berbeda-beda, karena banyak sekali jenis madu yang ada di negeri ini. Ada madu hutan atau madu alam, madu randu, madu klengkeng, madu rambutan, madu hitam, dan banyak lagi jenis lainnya.