5 Manfaat Madu Untuk Mengatasi Diare dan Cara Membuatnya

Posted on

5 Manfaat Madu Untuk Mengatasi Diare dan Cara Membuatnya

5 Manfaat Madu Untuk Mengatasi Diare dan Cara Membuatnya,– Madu dikenal sebagai bahan alami yang mampu menyembuhkan anda dari berbagai penyakit salah satunya diare. Bagi yang belum tahu, diare adalah masalah pencernaan yang menyebabkan tinja atau feses berubah menjadi lembek maupun cair dan terjadi biasanya paling sedikit 3 kali dalam 24 jam.

Dan walaupun penyakit ini sering di anggap sepele, tapi faktanya tak sedikit balita yang meninggal dunia gara-gara terserang penyakit ini. Tapi tenang, buat anda para bunda tak perlu khawatir berlebihan, karena ternyata diare bisa di atasi dengan mudah dan aman oleh madu.

Nah untuk lebih jelasnya mengenai manfaat madu untuk mengatasi diare ini, sebaiknya baca ulasan yang kami bagikan di bawah ini

Artikel Lainnya : 4 Manfaat Madu Untuk Diet dan Cara Pengaplikasiannya

5 Manfaat madu dalam mengatasi diare dan cara membuatnya

1. Madu Mampu Melawan Bakteri yang Disebabkan Oleh Diare

Sudah banyak yang membuktikan bahwa madu dapat menjadi obat untuk mengatasi diare. Madu murni mampu menghasilkan aktifitas bakterisidal yang dapat melawan organisme jahat enteropathogenic yaitu shigela, salmonela, dan juga E. coli yang menyebabkan terjadinya diare di dalam pencernaan.

Selain itu, madu mampu mengurangi frekuensi terjadinya diare karena madu memiliki kemampuan untuk membentuk jaringan granulasi sehingga tempo diare dapat berkurang. Perlu diketahui pula, madu juga dapat memperbaiki kerusakan yang ada di permukaan kripte usus sehingga ketika seseorang menderi diare, usus akan kembali sehat. Sifat madu yang prebiotik juga akan membunuh kuman dan menghambat kolonisasi bakteri penyebab diare di dalam pencernaan. Konsumsi madu secara teratur jika anda menginginkan diare cepat selesai.

2. Meningkatkan Perkembangan Bakteri Baik

Selain dapat melawan bakteri jahat di dalam pencernaan, madu dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang menguntungkan di dalam lambung. Madu membantu pertumbuhan bakteri bifido yang mampu menjaga pencernaan dalam lambung. Bakteri Helcobacter pylori yang menyebabkan luka pada lambung akan terbasmi jika anda mengkonsumsi madu. Dengan dimikian, porsi bakteri baik di dalam lambung akan meningkat dan dapat melawan bakteri jahat yang menyebabkan diare.

3. Melindungi Lambung

Madu juga dapat membantu melindungi kesehatan di dalam lambung. Luka yang di timbulkan oleh bakteri diare yang menyerang lambung, akan dengan segera di sembuhkan dan memperkecil resiko terjadinya iritasi berlebihan karena madu akan melapisi permukaan lambung. Oleh karenanya, madu sangat cocok sebagai pengobatan sebelum ataupun sesudah diare.

4. Menyerap Cairan di dalam Feses

Selain memiliki kandungan air, ternyata madu dapat menyerap cairan yang masih berguna di dalam tinja atau feses Kemampuannya membantu penyerapan air menyebabkan feses kembali padat dan tidak keluar dalam bentuk cair ataupun lembek. Jika feses keluar dengan bentuk demikian, diare dapat dikatakan sembuh. Namun, anda perlu mengkonsumsi madu hingga benar-benar sembuh agar kondisi di dalam lambung tetap sehat dan siap menjalankan tugas memproses makanan seperti biasa.

5. Menghindarkan Dehidrasi

Madu dapat membantu menyerap elektrolit dan air yang ada di dalam tubuh sehingga tidak terbuang percuma bersama feses. Selain itu, madu juga dapat menghambat bakteri E. coli yang menyebabkan diare. Elektrolit dan air yang diserap akan membantu mencukupi kebutuhan air penderita diare sehingga tidak menyebabkan dehidrasi. Perlu diketahui pula dehidrasi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan hipertensi, mudah lelah, asma, penyakit kulit, terjangkit kolesterol tinggi, terganggunya sistem ginjal dan kandung kemih, sembelit, nyeri di sekujur tubuh, kulit kering, dan badan akan menjadi gemuk.

Terdapat beberapa ramuan yang dapat anda coba untuk mengatasi diare dengan madu, antara lain:

1. Mencampurkan madu dengan air gandum. Anda dapat meminum ramuan ini setelah Buang Air Besar (BAB). Setelah BAB tubuh akan kekurangan cairan, dengan bantuan madu dan air gandum ini lah dapat menggantikan cairan yang telah hilang tersebut. Konsumsi ramuan ini secara rutin agar diare tidak datang kembali. Cara mengkonsumsi sangat mudah, campurkan 2 sendok makan madu dan air gandum secukupnya. Campurkan lalu minum. Usahakan untuk menggunakan madu asli agar kandungannya benar-benar terjaga.

2. Madu dengan air hangat. Campuran ini sangat mudah dibuat dan juga nikmat. Minumlah campuran madu dan air hangat secara rutin setelah buang air besar. Khasiatnya juga sama dengan campuran madu dan air gandum, yaitu sama-sama mengganti cairan tubuh yang keluar sehingga mengurangi resiko terserang dehidrasi. Untuk menghindari diare, anda dapat meminum setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Dengan demikian, kesehatan pencernaan anda akan terjaga dari diare. Cara pengaplikasian sangat mudah, campurkan 2 sendok makan madu ke dalam satu gelas air hangat. Aduk hingga benar-benar tercampur. Usahakan untuk meminumnya saat kondisi masih hangat.

3. Pisang. Mengkonsumsi pisang ternyata dapat memperlancar penyembuhan diare ataupun muntah. Teksturnya yang lembut sangat cocok dikonsumsi ketika kondisi lambung dalam keadaan terluka. Anda juga dapat mencampur pisang dengan madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa manfaat madu untuk mengatasi diare, yang sebaiknya anda ketahui. Dan yang harus di ingat, pilihlah madu yang benar-benar asli karena madu yang asli akan menghasilkan efek yang maksimal. Semoga bermanfaat.