5 Manfaat dan Cara Membuat Masker Bengkoang Untuk Kecantikan Alami

Posted on

5 Manfaat dan Cara Membuat Masker Bengkoang Untuk Kecantikan Alami

5 Manfaat dan Cara Membuat Masker Bengkoang Untuk Kecantikan Alami,-Bengkoang merupakan salah satu buah jenis umbi-umbian yang sudah sangat terkenal manfaatnya untuk merawat kecantikan kulit dan wajah. Banyak produk-produk kecantikan mulai dari sabun pencuci wajah sampai krim wajah yang terbuat dari bengkoang. Namun saat ini banyak orang yang lebih suka mengaplikasikan langsung buah bengkoang segar untuk merawat kulitnya, yaitu dengan membuatnya menjadi masker.

Masker alami yang terbuat dari bengkoang segar tentunya lebih berkhasiat dan lebih aman, karena tanpa di campuri bahan-bahan kimia, pengawet dan bahan lain yang berpotensi merusak kulit dalam jangka panjag. Selain itu, tentunya juga lebih murah.

Artikel Lainnya : 7 Manfaat Masker Susu Untuk Kecantikkan Alami

5 Manfaat dan Cara Membuat Masker Bengkoang Untuk Kecantikan Alami

1. Membantu menghilangkan jerawat

Bagi wajah yang mudah berjerawat, gunakanlah masker bengkoang untuk mengatasinya. Untuk menghilangkan jerawat menggunakan masker bengkoang, anda cukup maskeran dengan bengkoang yang sudah diparut selama 15 menit sampai mengering kemudian bilas dengan air besih. Lakukan perawatan tersebut secara rutin yaitu 2-3 kali dalam seminggu.

2. Mencerahkan kulit wajah

Bengkoang mengandung sari pati yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, yaitu dengan menghilangkan kotoran-kotoran pada wajah yang membuat wajah menjadi kusam. Untuk mendapatkan sari pati bengkoang, parut buah bengkoang dan peras bengkoang yang sudah diparut. Diamkan air perasan bengkoang agar mengendap dengan menunggunya beberapa saat. Setelah mengendap, buang air perasaan bengkoang dan ambil endapannya untuk dijadikan masker.

Endapan bengkoang juga bisa anda keringkan jika anda menginginkannya untuk digunakan di lain waktu. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan masker bengkoang di waktu malam hari dan baru dibilas saat di pagi hari.

3. Menjaga kesehatan kulit wajah

Buah bengkoang banyak mengandung nutrisi yang diperlukan kulit wajah seperti vitamin C, vitamin B, mempunyai kandungan antiseptik dan kandungan nutrisi lainnya yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Vitamin B dan C yang terkandung dalam bengkoang, mampu membuat kulit tampak lebih sehat dan berseri.

Anda dapat melakukan perawatan kecantikan luar dan dalam menggunakan bengkoang untuk mendapatkan manfaat bengkoang yang maksimal, yaitu dengan minum jus bengkoang dan menggunakan bengkoang sebagai masker alami untuk merawat kulit wajah anda.

Jika anda ingin membuat jus bengkoang, anda dapat menambahkan gula atau madu di dalamnya. Sedangkan untuk masker bengkoang, anda bisa mengaplikasikannya pada bagian kulit selain wajah misalnya pada bagian lenga, leher, dan bagian tubuh lainnya.

4. Membantu mencegah penuaan dini

Bengkoang mengandung vitamin C yang berguna untuk mencegah penuaan dini. Untuk merawat wajah agar terhindar dari resiko penuaan dini, gunakanlah masker bengkoang di malam hari secara rutin sekitar 3-4 kali dalam seminggu.

5. Membantu melembabkan kulit dan wajah

Bengkoang mengandung banyak air yang rasanya manis dan segar. Kandungan nutrisi di dalam air bengkoang dipercaya sebagai anti inflmasi yang berguna untuk medinginkan kulit, membuat kulit kering lebih lembab dan tampak lebih segar dan sehat.

Anda bisa menggunakan masker bengkoang untk membuat kulit menjadi lembab serta menjaga kelembapan kulit anda. Anda juga bisa memakai masker bengkoang tidak hanya pada bagian wajah, tetapi juga pada bagian kulit tubuh lainnya.

Cara membuat masker alami dari buah bengkoang

Membuat masker bengkoang tidak perlu memakan waktu yang lama dan juga tidak telalu rumit. Berikut ini adalah beberapa cara membuat masker alami dari buah bengkoang:

  1. Siapkan buah bengkoang yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Untuk banyaknya bengkoang, disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaannya. Jika hanya digunakan pada kulit wajah, satu buah bengkoang ukuran kecil atau sedang sudah cukup.
  2. Potong buah bengkoang menjadi beberapa bagian, kemudian parut buah bengkoang.
  3. Setelah buah bengkoang diparut, peras parutan bengkoang lalu letakkan air perasannya ke dala mangkuk atau wadah yang bening.
  4. Diamkan air perasan tersebut sampai mengendap. Setelah mengendap, buang air perasan tersebut dan ambil endapannya.
  5. Endapan putih bengkoang itulah yang nantinya akan dijadikan sebagai masker. Setelah endapan diambil, masker bengkoang siap digunakan.

Cara yang benar saat menggunakan masker alami dari bengkoang

  • Sebelum menggunakan masker bengkoang, cuci bersih wajah anda terlebih dahulu supaya tidak ada lagi kotoran yang menempel pada wajah anda.
  • Oleskan masker bengkoang secara merata ke wajah anda. Hindari pemakaian di daerah sekitar mata.
  • Biarkan masker bengkoang mengering dengan sendirinya kurang lebih sekitar 10-15 menit. Jika anda menggunakannya di waktu malam hari, anda bisa membiarkan masker bengkoang yang anda pakai sampai pagi, kemudian baru dibilas di pagi hari setelah anda bangun tidur.
  • Bilas wajah anda menggunakan air hangat sambil melakukan pijata-pijatan lembut pada wajah anda. Setelah bersih, bilas kembali wajah anda menggunakan air dingin supaya pori-pori wajah anda tertutup.
  • Keringkan wajah anda menggunakan handuk yang lembut atau tissu. Wajah anda akan terasa lebih segar dan terlihat lebih sehat. Untuk hasil yang maksimal, anda harus menggunakannya secara rutin setiap minggu yaitu 3-4 kali dalam seminggu.

Itulah manfaat masker alami yang terbuat dari bengkoang serta aplikasi pemakaiannya pada wajah. Manfaat bengkoang untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah banyak orang-orang yang membuktikannya hasilnya.